Para ulama memiliki tradisi keilmuan yang kokoh sepanjang zaman.Mereka membiasakan murid mereka untuk menghafal matan-matan ringkas dari para ulama.Dengan menghafal dan memahami matan ringkas, bangunan keilmuan murid para ulama ini menjadi kokoh.

Matan ulama disusun dalam bentuk terbaik yang memudahkan kita menghafal dan memahaminya melalui penjelasan para ulama. Berkat karunia Allah, kami dapat melaksanakan Dauroh kami yang pertama, yaitu dauroh ilmiyah di bidang ilmu tajwid. Kami memulainya dari mengkhatamkan ilmu tajwid paling dasar yaitu matan kitab TUHFATUL ATHFAL.

Tujuan yang ingin kami capai dalam dauroh ini adalah:

  1. Memahamkan guru TAUD dan SDTA Kuttab Rumah Qur’an tentang ilmu tajwid beserta prakteknya.
  2. Memfasilitasi para guru TAUD dan SDTA Kuttab Rumah Qur’anuntuk mendapatkan sanad kitab matan tajwid Tuhfatul Athfal
  3. Memperbaiki kualitas bacaan al Qur’an terutama surat al Fatihah dan juz ‘Amma
  4. Menggerakkan masyarakat kota malang untuk memahami kitab para ulama secara utuh sehingga diperoleh pemahaman yang benar dan kuat tentang aqidah, manhaj, dan keilmuan dalam islam

Berkat karunia Allah dauroh ini dipandu oleh al ustadz Saifulloh al Hafizh. Ditengah kesibukan beliau, beliau berkenan memberikan ilmu terkait tajwid dan tahsin al Qur’an dan bersedia memberikan sanad matan tuhfatul athfal bagi guru dan walisantri kuttab rumah qur’an yang bersemangat menghafal matan tajwid ini.

Ketika ulasan ini ditulis, kami telah melaksanakan dua pertemuan. Berikut beberapa dokumentasi acara dauroh:

 

Print Friendly, PDF & Email