Hadits ke-33 | Hadits Jabir bin Abdillah
Keutamaan Air Zam-zam

Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air zam-zam bermanfaat sesuai untuk apa meminumnya.” (HR. Ibnu Majah no. 3062)

Air zam-zam adalah air yang memancar dari mata air dan merupakan mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ismail ‘alaihis salam. Makna zam-zam artinya ‘berkumpullah, berkumpullah’ atau ‘air yang banyak’.

Penjelasan Hadits
1. Air zam-zam adalah air yang terpancar dari mata air yang terletak berdekatan dengan Ka’bah di Makkah.
2. Air zam-zam adalah mukjizat Nabi Ismail ‘alaihis salam.
3. Air zam-zam memiliki banyak manfaat sesuai dengan niat orang yang meminumnya. Bisa sebagai makanan, obat, wasilah untuk memperkuat hafalan, dan lain-lain.
4. Diperbolehkan bertabarruk dengan disertai sebab-sebab syar’i yang diperintahkan oleh Allah. Sebab syar’i itu ada dua; (1) Memiliki dalil dari Al Quran atau hadits (2) Sesuai dengan hukum alam sehingga bisa dibuktikan secara ilmiah. Ada pun jika tidak terbukti dengan salah satu sebab di atas, maka tidak boleh kita mengambil manfaat darinya, seperti dari jimat, air keramat, batok sakti, dan lain-lain. Ini termasuk tabarruk yang terlarang.

Dikutip dari kajian hadits 100 Hadits Pilihan yang disampaikan oleh Ustadz Sa’id Yai Ardiansyah pada tanggal 10 Rabi’ul Akhir 1443 H / 14 November 2021 M.
Diringkas oleh Ustadzah Ela (Pengajar dan wali kelas 1 SDTA Kuttab Rumah Qur’an).

Print Friendly, PDF & Email