Apa Itu Edusos?

Edusos adalah singkatan dari Empati dan Kepedulian Sosial Kuttab Rumah Qur’an, sebuah program yang diharapkan bisa membantu ananda mengasah kepedulian kepada orang-orang di sekitarnya, dan menjadi pribadi yang tanggap di situasi apa pun.

Edusos telah ada sejak Kuttab Rumah Qur’an mulai didirikan. Beberapa program yang telah dilaksanakan misalnya kunjungan ke panti jompo, penyaluran zakat fitrah, dan lain-lain.

Kenapa Bazar?

Ada banyak cara yang lebih mudah untuk berdonasi. Misalnya mengumpulkan uang tabungan di kotak donasi, atau menyumbangkan barang layak pakai untuk korban bencana. Kali ini, kami ingin melakukan sesuatu yang sedikit berbeda.

Berjualan adalah cara termudah untuk mendapatkan keuntungan. Harga sebungkus agar-agar dan beberapa sendok gula mungkin tak sampai lima ribu rupiah. Namun, jika ditambahkan cup plastik dan sedikit usaha, dari sebungkus agar-agar itu mungkin akan jadi uang dua puluh ribu rupiah.

Niatnya berpahala, usaha membuat pudingnya berpahala, berjualannya berpahala, dan hasil yang disumbangkan pun berpahala. Nilai inilah yang ingin kami kenalkan pada ananda. Setiap usaha yang mereka lakukan di jalan Allah, insyaAllah akan menjadi kebaikan bagi mereka.

Setiap usaha mereka meringankan beban saudara muslim lainnya, adalah satu langkah meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“Permisalan seorang mukmin dengan mukmin yang lain itu seperti bangunan yang menguatkan satu sama lain.” (HR. Bukhari no. 6026 dan Muslim no. 2585)

 مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا؛ نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ. وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ؛ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ. وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا؛ سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.

“Barangsiapa melepaskan dari seorang mukmin suatu kesulitan di antara kesulitan-kesulitan dunia, maka Allah lepaskan kesulitan di antara kesulitan-kesulitan di hari kiamat. Barangsiapa memudahkan bagi orang yang membutuhkannya, maka Allah mudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup aib seorang muslim, maka Allah menutup aibnya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim nomor 2699)

Print Friendly, PDF & Email