Kegiatan Harian Santri

Ini adalah beberapa kegiatan rutin harian kami lho sahabat KurmaQu. Sebenarnya masih banyak kegiatan kami yang menarik lho, tapi ini saja yang sementari ini kami foto. Kalau kamu tertarik, gabung yuk bersama kami di SEKOLAH DASAR TAHFIDZ AL QUR’AN KUTTAB RUMAH QUR’AN atau disingkat SDTA KurmaQu. Hmmm… Ingat Kurma ingat KurmaQu di bulan puasa, enaaakk…

Dzikir Pagi

Santri sedang dzikir pagi

Coba tebak sahabat kurmaQu, kami sedang ngapain hayo. Yup… kami sedang melakukan dzikir pagi. Kami selalu dzikir pagi dengan cara membaca lafazh arab dan terjemahnya lho. Urut dari dzikir paling depan sampai paling belakang di buku dzikir pagi petang Syaikh Sa’ad bin Wahf al Qahthani rohimahullah. Nah… karena dzikir ini diulang ulang, kami berharap bisa hafal dan faham maksud dzikirnya.

 

Moorning Meeting

Santri sedang mengikuti moorning meeting

Klo ini lagi ngapain sahabat KurmaQu?. Ini adalah Moorning Meeting. Disetiap pagi, kami diberi tausiyah oleh walikelas. Kami diceritakan tentang tafsir 3 juz (juz 28, 29, 30) dengan cara yang mudah kami fahami. Selain itu, kami menghafal mufrodat bahasa arab daaan… kami belajar adab di moorning meeting ini. Tuh lihat, kami sabar duduk dibawah lho sahabat KurmaQu.

Jam Istirahat

Santri sedang bermain bola di jam istirahat

Tahfidz al Qur’anAyo… tendang, Goool. Sahabat KurmaQu, ini yang kami lakukan di jam istirahat. Ustadz kami selalu mengawasi kami kalau bermain. Kalau ada kecelakaan, atau adab yang jelek dari kami, ustadz langsung bertindak cepat sebelum berlanjut lebih parah. Sahabat KurmaQu, inilah lapangan bermain mungil yang dipinjamkan oleh pemiliknya kepada kami. Hiks….Qoddarullah area ini akan diambil pemiliknya pada bulan desember tahun 2021. Kami akan kehilangan tempat bermain, adakah muhsinin yang Allah gerakkan hatinya untuk membantu kami agar bisa memiliki tempat bermain di jam istirahat?.

 

Halaqah Tahfidz

Halaqah tahfidz sughro banin

Tahfidz halaqah kubro banin

Sistem Halaqah Tahfidz

Sahabat KurmaQu, kami belajar tahfidz al Qur’an dengan 3 tingkatan lho.

Pertama, kami belajar baca al Qur’an sambil menghafal juz 30 di halaqah sughro. Di halaqah sughro ini, kami belajar dengan cara tahajji, atau mengeja huruf perhurufnya sehingga kami bisa mengucapkan huruf per huruf dengan baik disertai dengan cara membaca secara tajwid. Sistem pembelajaran menggunakan dua cara lho. Pertama belajar secara klasikal dengan target juz 30 selesai dalam satu tahun, dan yang kedua sistem individual sesuai kemampuan kami. Klo diantara kami ada yang selalu semangat muroja’ah dan menghafal, insyaAllah juz 30 bisa selesai sebelum 1 tahun. Tapi klo ada diantara kami yang males-malesan, ya bisa jadi tahun berikutnya mengulang kembali juz 30. Tapi kami senang kok kalau memang harus mengulang ketika sudah berusaha. Yang penting bagi kami adalah mencintai al Qur’an bukan BANYAK-BANYAKAN HAFALAN.

Kedua, kami belajar kemandirian, dan mulai menghafal dengan cara setor bacaan, menghafal mandiri, kemudian setor hafalan baru dan setor hafalan lama di halaqah wushto. Di halaqah wustho ini, kami harus lancar membaca al Qur’an. Target kami di halaqah wustho adalah menyelesaikan juz 29. Bagi anak yang selalu semangat, taat arahan guru, insyaAllah akan cepat naik ke halaqah kubro.

Ketiga, kami belajar adab dengan ketat dan mulai memperbanyak hafalan di halaqah kubro. Halaqah kubro sangat menekankan tajwid dan kemutqinan hafalan. Kami yang tajwidnya masih kurang maka harus bersabar untuk tidak menghafal surat berikutnya sampai benar-benar bagus bacaannya. Kalau sudah terlanjur hafal dengan tajwid jelek, memperbaikinya sangat sulit lho. Karena itu sabar sampai tajwid bagus lebih baik dari pada cepat-cepat nambah hafalan. Ingat lho, kami di semua halaqah ingin mencintai al Qur’an bukan ingin segera selesai dari hafalan al Qur’an kemudian meninggalkannya. Semoga Allah membantu cita-cita kami agar mencintai al Qur’an.

Halaqah Tahsin

 

 

 

 

Kami belajar tahsin melalui 4 tahapan halaqoh. Halaqah fathurrohman a adalah untuk kami yang belum bisa membaca al Quran dan belum pernah belajar metode tahajji. Fathurrohman b adalah untuk kami yang sudah bisa membaca al Qur’an tapi belum lancar atau sudah pernah belajar metode tahajji. Kemudian kitab al Bayan dan akhirnya belajar langsung matan Tuhfatul Athfal dan Muqoddimah Jazariyyah. Bagi kami yang berhasil hafal Tuhfatul Athfal dan Muqoddimah Jazariyyah kemudian telah menyelesaikan pembelajaran dan mampu menjelaskan artinya, akan mendapat ijazah sanad dari guru kami baik dari jalur ulama hadits ataupun jalur ulama al Qur’an

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YAYASAN KUTTAB RUMAH QUR’AN

Yayasan Kuttab Rumah Qur’an (KurmaQu) adalah sebuah yayasan yang fokus bergerak dalam bidang pendidikan islam sejak usia dini hingga berusia baligh.

Visi kami {VISI G.E.I 2025} :

Menyelenggarakan pendidikan untuk mewujudkan generasi emas islam masa depan yang memiliki iman kuat, mencintai al qur’an dan as sunnah, berakhlak dengan akhlak islam, mandiri, dan memiliki fisik yang sehat dan kuat secara bertahap dan berkelanjutan.

Lokasi TAUD KurmaQu
Lokasi SDTA Kurmaqu
HUBUNGI KAMI

Telpon / Whatsapp

Abu Ahmad Ricki al Malanjiy (0856-0465-0342), Ummu Ahmad Suwarti (0815-5541-1255)

Channel Medsos

Klik disini (Link Tree)