Pengunjung website kuttab-rumahquran.com yang dirahmati Allah,

Sering kami ditanya wali santri tentang apa itu kuttab?. Apa beda kuttab dengan pendidikan tingkat dasar yang lain?. Ketika kami menjelaskannya, ada yang puas dengan jawaban kami dan ada yang masih tidak puas karena mungkin walisantri berasal dari background pendidikan modern dan belum pernah belajar tentang kuttab atau mungkin juga belum mempercayai apa yang kami sampaikan karena memang background pendidikan kami hanyalah pendidikan dari ustadz ke ustadz dan melalui mebaca banyak referensi di bidang pendidikan dan parenting.

Karena itu saya terdorong untuk menuliskan apa yang pernah kami pelajari dan baca di halaman ini beserta referensinya dengan harapan menghilangkan keraguan pada jawaban yang kami sampaikan tentang model pendidikan kuttab ini. Kami berharap Allah menjaga keikhlasan kami ketika menuliskan artikel ini dan dalam perjuangan kami untuk mengembalikan pendidikan al Qur’an agar diutamakan dan diprioritaskan di jenjang usia dini dan jenjang usia pendidikan dasar.

Apa itu kuttab?

Seorang Dosen dari Universitas Ummul Quro, Mekkah al Mukarromah, Doktor Abdul Lathif Abdulloh ibn Dahisy mengatakan

الْكُتَّابُ جَمْعُهُ كَتَاتِيبُ وَهُوَ مَوْضِعُ تَعْلِيمِ الْقِرَاءَةِ وَالْكِتَابَةِ  وَهُوَ مِنَ الْمُؤَسَّسَاتِ التَّعْلِيمِيَّةِ الْهَامَةِ الَّتِي وَجَدَتْ فِي الْمُجْتَمَعِ الْإِسْلَامِي لِتَثْقِيفِ الصِّغَارِ وَالتَّرْبِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ الْجَيِّدَةِ

Kuttab bentuk jamaknya adalah kataatiib. Maknanya adalah tempat untuk pengajaran membaca dan menulis. Kuttab termasuk lembaga pendidikan yang pertama muncul dalam masyarakat islam bertujuan untuk mendidik anak-anak kecil dengan pendidikan islam yang baik 1

Sedangkan seorang sejarawan terkenal, Doktor Roghib as Sirjani mengatakan,

يُعَدُّ الكُتَّاب من أقدم المراكز التعليمية عند المسلمين، وقيل بأن العرب عَرَفُوه قبل الإسلام، ولكن على نطاق محدود جدًّا، وكانت مكانة الكُتَّاب في القرون الهجرية الأولى عالية الشأن؛ إذ يُعِدُّ لبداية تعليم أعلى، “فكان الكُتَّاب يشبه المدرسة الابتدائية في عصرنا الحاضر، وكان من الكثرة بحيث عدَّ ابن حوقل ثلاثمائة كُتَّاب في مدينة واحدة من مدن صقلية

Kuttab adalah markaz pendidikan paling dasar pada masyarakat muslim. Ada yang mengatakan bahwa kalangan arab telah mengenal istilah kuttab sebelum munculnya islam, namun jumlah yang sangat sedikit. Kedudukan kuttab di masa abad pertama hijriyah sangatlah penting karena lembaga ini adalah permulaan dari pendidikan yang lebih tinggi. Kuttab adalah seperti madrasah ibtidaiyyah pada zaman ini. Pada zaman Ibnu Hauqol (wafat: 350 H), beliau mencatat terdapat hingga 300 kuttab di salah satu kota di shiqliyah. 2

Dalam kamus Mu’jamul Wasith di jelaskan makna al kuttaab adalah:

مَكَانٌ صَغِيرٌ لِتَعْلِيمِ الصِّبْيَانِ الْقِرَاءَةَ وَالْكِتَابَةَ وَتَحْفِيظَهُمُ الْقُرْآنِ

Tempat kecil untuk mengajarkan anak-anak kecil membaca, menulis, dan menghafal al Qur’an 3

Ibnu Kholdun juga mejelaskan dalam buku Muqoddimahnya, pada zaman beliau, kuttab tetap menjadi lembaga terpenting. Beliau menyebutkan terdapat perbedaan karakter pendidikan kuttab di negara-negara islam. Ada yang fokus belajar al Qur’an dan tidak mencampur dengan pendidikan lain dan ada yang mencampur dengan pendidikan lain namun al Qur’an tetap menjadi pendidikan yang utama dan terpenting.

Kesimpulan

Dari penjelasan ini kita dapat memahami:

1. Al Qur’an adalah pendidikan yang utama dan terpenting untuk diajarkan kepada anak sejak mereka masuk kedalam lembaga pendidikan.

2. Perhatikanlah bagaimana kejayaan islam berbanding lurus dengan perhatian umat muslim dengan al Qur’an. Kejayaan islam di masa lampau karena mereka mengutamakan al Qur’an. Dan kemunduran kita, karena al Qur’an kita jadikan sebagai pedidikan tambahan saja bukan yang utama dan terpenting.

3. Cirikhas pendidikan kuttab adalah: 1. Pembelajaran al Qur’an secara bacaan atau hafalan, 2. Pembelajaran Membaca, 3. Pembelajaran Menulis, 4. Pembelajaran ilmu dasar islam, 5. Pembelajaran berhitung dasar.

4. Dimasa lalu kuttab adalah lembaga pendidikan terpenting dan mendapat perhatian yang sangat serius karena merupakan pondasi pendidikan diatasnya, namun di masa kita pendidikan usia TK dan SD sangat di remehkan bahkan dijadikan sekedar pelengkap pendidikan tinggi. Ini mengakibatkan perbedaan kualitas generasi yang dihasilkan. Generasi islam di zaman keemasan sangat baik karena dimulai dengan pondasi yang kuat dan baik, sebaliknya generasi islam di masa kita lemah karena pondasi di pendidikan dasar kurang baik.

Semoga Allah memberikan manfaat kepada anda dari tulisan sederhana ini.

  1. Ibn Duhaisy, Doktor Abdul Lathif. 1986. al Kataatiib fil Haromain asy Syarifain wa Maa Haulihim,Mekkah al Mukarromah. Halaman 11
  2. As Sirjani, Doktor Raghib. al Kataatiib fil Hadloorotil Islaamiyyati. Islamstory.com. Dicuplik 10/1/2018
  3. Kamus Mu’jamul Wasith via Maktabah asy Syamilah
Print Friendly, PDF & Email