Syaikhunaa Kholid Mahmud Al Juhani mengatakan,

لِكُلِّ عِلْمٍ مَبَادِءُ

Setiap ilmu memiliki mabadi’.

Beliau juga mengatakan,

اَنَّهُ يَنْبَغِي لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يَتَعَلَّمَ علمًا اَنْ يَعْرِفَ مَبَادِءَهُ العَشْرَةَ اَلَّتِي تُصَوِّرُ لَهُ ذَلِكَ الْعِلْمَ قَبْلَ الشُّرُوعِ لَهُ

Siapa saja yang ingin mempelajari sebuah ilmu, hendaknya ia terlebih dahulu mengenal 10 Mabadi’ yang menggambarkan ilmu tersebut sebelum memulai belajar ilmu tersebut.

Apa Sih Mabaadi’ Itu?
Mabaadi’ adalah prinsip-prinsip dasar sebuah ilmu. Setiap ilmu yang kita pelajari pasti memiliki mabadi’ atau kita terjemahkan bebas “dasar ilmu yang paling dasar”.

Lalu, …

Mengapa perlu Belajar dari Mabaadi’nya?

Syaikhunaa Kholid Al Juhani mengatakan,

فَمَنْ عَلِمَ هَذِهِ الْمَبَادِءَ الْعَشْرَةَ اَحَاطَ بِالْعِلْمِ

Barangsiapa yang mengetahui 10 Mabadi’ ini maka ia telah menguasai ilmu tersebut.

وَتَصَوَّرَهُ تَصوُّرًا جَيِّدًا مِمَّا يُؤَهِّلُهُ لِلدُّخُولِ فِي دِراسَةِ دِرَاسَةً تَاْصِيلِيَّةً

Dan ia mampu menggambarkan ilmu itu dengan penggambaran yang baik dan sesuai untuknya untuk masuk dalam pembelajaran dari dasarnya.

Dari sini kita tahu bahwa sebelum kita menceburkan diri dalam suatu ilmu maka kita perlu tahu apakah ilmu itu sesuai dan perlu untuk kita pelajari. Ini bisa kita ketahui dengan mempelajari mabadi’ terlebih dahulu.

Kaidah ini sudah di tetapkan para ulama Islam sebelum orang barat menetapkan kaidah belajar sesuai bakat dan minat. Banyak harta Karun Islam yang belum kita gali namun seringkali pandangan kita terpukau dengan mereka sehingga selalu menyerap ilmu mereka tanpa kritik mendalam.

Apa itu Mabadi’ ‘Asyaroh?

Mabadi’ ‘Asyaroh sudah diterapkan para ulama sejak dulu, namun yang mengumpulkan dalam bait syair yang mudah dihafal adalah Imam Abu Al ‘Irfan Muhammad bin ‘Ali ash Shobban Al Mishri yang dikenal dengan nama Imam ashshobban. Beliau wafat di Mesir tahun 1206 Hijriyah. Beliau berkata,

اِنَّ مَبَادِي كُلِّ فَنٍّ عَشَرَهْ … الْحدُّ وَالْمَوْضُوعُ ثُمَّ الثَّمَرَهْ

Mabadi’ setiap cabang ilmu ada 10… Definisi, Bidang Pembahasan, dan Manfaat Belajar Ilmu tersebut,

نِسْبَةٌ وَالْفَضْلُ وَالوَاضِعْ … وَالِاسْمُ الِسْتِمْدَادُ حُكمُ شَارِعْ

Ilmu itu termasuk cabang ilmu apa, keutamaan ilmu itu, peletak dasar ilmu itu… nama ilmu itu, sumber pengambilan ilmunya, dan hukum mempelajarinya,

مَسَاءِلٌ وَالْبَعْضُ بِالْبَعْضِ اكْتَفَی …وَمَن دَرَی الْجَمِيْعَ حَازَ الشَّرَفَا

Pembahasan-pembahasan ilmu itu. Satu dengan yang lain telah mencukupi… Siapa yang mengilmuinya maka ia telah mendapatkan kemuliaan.

Betapa banyak harta Karun Islam di dunia pendidikan, pengobatan, teknik dan berbagai cabang ilmu belum tergali, tugas kita adalah mengembalikan harta karun ilmu agar dimiliki orang Islam, dan bukan hanya selau mengekor dengan kaum barat. Kemuliaan Islam tidak mungkin diraih dengan hanya bersantai dan selalu mengekor dan mencukupkan diri dengan teori barat namun butuh usaha keras untuk menggali, mempertanyakan, dan meneliti kembali.

Semoga bermanfaat.

(Fawaid Abu Ahmad Ricki Al Malanjiy)

Ingin dapat faidah faidah harian?

Yuk gabung di grup Info Kuttab Rumah Qur’an

https://chat.whatsapp.com/K4dODXojzlF5sisFKCq1Aq

Print Friendly, PDF & Email